Friday, June 17, 2016

Fatimah Az Zahra Putri Rasulullah SAW Wafat 3 Ramadan 11 H

Fatimah Az Zahra Putri Rasulullah SAW Wafat 3 Ramadan 11 H
Fatimah Az Zahra, putri bungsu Rasulullah SAW meninggal dunia pada 3 Ramadan 11 Hijriah diusia 27 tahun. Fatimah yang merupakan istri dari Ali bin Abi Thalib itu meninggalkan 4 orang anak, Hasan, Husain, Zainab dan Ummu Kultsum.

Fatimah ra adalah putri ke 4 dari pernikahan Rasulullah SAW dan Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid. Fatimah ra lahir di Ummul Qura (Makkah) pada hari Jum'at, 20 Jumadi al-Tsani.

Rasulullah sangat menyayangi Fatimah. Dalam sebuah riwayat diceritakan, Rasulullah pernah berkata kepada para sahabat saat sedang di atas mimbar. Rasulullah mengungkapkan rasa cintanya kepada putri bungsunya itu.

"Sesungguhnya Fatimah itu bagian dariku. Siapa yang membuatnya marah berarti membuat aku marah. Aku merasa terganggu bila dia diganggu dan aku merasa sakit hati bila dia disakiti."

Kepergian Fatimah yang merupakan putri kesayangan Rasulullah membawa duka yang mendalam bagi umat Islam. Fatimah wafat tidak lama setelah wafatnya Rasulullah saw. Saat Rasulullah diakhir hayatnya, Fatimah datang menghampiri sambil menangis.

Fatimah sedih kerena takut kehilangan ayah tercinta. Fatimah lalu dibisiki oleh Rasul, kemudian Fatimah yang tadi menangis tiba-tiba tersenyum. Ternyata Rasulullah mengatakan bahwa Fatimah adalah orang pertama dari keturunannya yang akan menyusul menghadap Ilahi.

6 bulan kemudian, Fatimah sakit dan meninggal. Umat Islam berbondong ke Masjid Nabawi untuk menyalatkan beliau. Salat jenazah dipimpin oleh Ali ra. Salat jenazah gelombang kedua dipimpin pamannya Abbas bin Abdul Muthalib ra. Jenazah Fatimah lalu dibawa ke Makam Baqi, dimakamkan bersebelahan dengan saudaranya, Zainab ra, Ruqayyah ra dan Ummu Kultsum ra.

Sumber

Artikel Terkait